Pelajaran # 5: Tentang apakah doa itu?

Mulailah dengan doa: “Tuhan, berbicaralah kepadaku melalui Firman-Mu, melalui Alkitab. Berbicaralah dalam hatiku agar saya dapat memahami apa yang ingin Engkau katakan kepadaku. Amin."

Nahum 1
7 TUHAN itu baik; Ia adalah tempat pengungsian pada waktu kesusahan; Ia mengenal orang-orang yang berlindung kepada-Nya

P – Tiga hal apakah yang dikatakan tentang karakter Allah?

P – Mengingat hal itu, tindakan apa yang Allah ingin Anda lakukan?

1 Petrus 5
7 Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.

Filipi 4
4 Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah! 5 Hendaklah kebaikan hatimu diketahui semua orang. Tuhan sudah dekat! 6 Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. 7 Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.

P – Apa yang Allah ingin kita lakukan dengan pencapaian kita?

1 Tesalonika 5
16 Bersukacitalah senantiasa. 17 Tetaplah berdoa. 18 Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.

P – Menurut Saudara bagaimana ketiga perintah ini berhubungn satu sama lain?

1 Yohanes 5
14 Dan inilah keberanian percaya kita kepada-Nya, yaitu bahwa Ia mengabulkan doa kita, jikalau kita meminta sesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya. 15 Dan jikalau kita tahu, bahwa Ia mengabulkan apa saja yang kita minta, maka kita juga tahu, bahwa kita telah memperoleh segala sesuatu yang telah kita minta kepada-Nya.

P – Doa apa yang dijawab Tuhan?

Roma 8
26 Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan. 27 Dan Allah yang menyelidiki hati nurani, mengetahui maksud Roh itu, yaitu bahwa Ia, sesuai dengan kehendak Allah, berdoa untuk orang-orang kudus.

P – Bagaimana Roh Kudus membantu kita dalam doa?

Ibrani 4
14 Karena kita sekarang mempunyai Imam Besar Agung, yang telah melintasi semua langit, yaitu Yesus, Anak Allah, baiklah kita teguh berpegang pada pengakuan iman kita ... 16 Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya.

1 Timotius 2
5 Karena Allah itu esa dan esa pula Dia yang menjadi pengantara antara Allah dan manusia, yaitu manusia Kristus Yesus

Yohanes 14 – Yesus berkata:
13 dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak. 14 Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya."

P – Ketika doa-doa Saudara dijawab, bagaimana hal itu dapat memuliakan Tuhan?

Mazmur 66
18 Seandainya ada niat jahat dalam hatiku, tentulah Tuhan tidak mau mendengar.

Mazmur 145
18 TUHAN dekat pada setiap orang yang berseru kepada-Nya, pada setiap orang yang berseru kepada-Nya dalam kesetiaan.

P – Apa yang dikatakan oleh ayat-ayat ini tentang ketulusan hati dan kejujuran yang Allah inginkan ketika kita berbicara dengan-Nya

Mazmur 62
5 Hanya pada Allah saja kiranya aku tenang, sebab dari pada-Nyalah harapanku. 6 Hanya Dialah gunung batuku dan keselamatanku, kota bentengku, aku tidak akan goyah. 7 Pada Allah ada keselamatanku dan kemuliaanku; gunung batu kekuatanku, tempat perlindunganku ialah Allah. 8 Percayalah kepada-Nya setiap waktu, hai umat, curahkanlah isi hatimu di hadapan-Nya; Allah ialah tempat perlindungan kita. Sela

P – Menurut ayat-ayat ini, apa yang Allah ingin kita percayai tentang Dia .... Bagaiamana Allah ingin kita percaya kepada-Nya saat kita berdoa?

Anda bisa mencetak pelajaran # 5 ini sekarang.

Tatkala meninggalkan halaman ini, jawaban Anda tidak akan direkam.