Pelajaran # 4: Apa rencana Allah bagi Kehidupan kita?

Mulailah dengan doa: “Tuhan, berbicaralah kepadaku melalui Firman-Mu, melalui Alkitab. Berbicaralah dalam hatiku agar saya dapat memahami apa yang ingin Engkau katakan kepadaku. Amin."

2 Korintus 5
17 Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.

Galatia 5
16 Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging. 17 Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging--karena keduanya bertentangan--sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki.

P – Sebelum Saudara menjadi orang Kristen, Saudara hanya melakukan apa yang saudara inginkan. Tetapi sekarang, menurut ayat-ayat ini, konflik apa yang akan saudara alami?

P – Menurut ayat 16, apa yang harus kita lakukan?

P – Dan menurut ayat 16, jika kita melakukannya, apa yang akan terjadi?

Galatia 5
19 Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu, 20 penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, 21 kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu--seperti yang telah kubuat dahulu--bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.

P – Apakah Allah menginginkan supaya hal ini menjadi karakteristik kita karena Kristus hidup di dalam kita?

Roma 12
2 Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

P – Apa yang Allah ingin lakukan dalam hidup saudara?

2 Korintus 3
17 Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan. 18 Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar.

P – Apa yang akan terjadi ketika kita membiarkan Roh Kudus mengubah hidup kita?

Galatia 5
22 Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, 23 kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu. 25 Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh.

P – Sebagai ganti hidup yang dikuasai oleh dosa, apa yang Allah inginkan terjadi dalam hidup kita?

P – Menurut dengan ayat 25, bagaimanakah hal ini dapat terjadi di dalam hidup kita?

Luke 6 – Yesus berkata:
47 Setiap orang yang datang kepada-Ku dan mendengarkan perkataan-Ku serta melakukannya--Aku akan menyatakan kepadamu dengan siapa ia dapat disamakan, 48 ia sama dengan seorang yang mendirikan rumah: Orang itu menggali dalam-dalam dan meletakkan dasarnya di atas batu. Ketika datang air bah dan banjir melanda rumah itu, rumah itu tidak dapat digoyahkan, karena rumah itu kokoh dibangun.

P – Tiga hal apa yang Yesus minta agar kita lakukan?

P – Dan bagaimanakah hal ini dapat mengubah hidup kita?

Yohanes 15 – Yesus berkata:
4 Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku.

P – Yesus menggunakan contoh buah anggur yang tumbuh pada ranting-ranting karena terhubung dengan pokok anggur. Ketika kita berusaha untuk menaati Yesus, menurut ayat 5, buah apa yang kita hasilkan (Kwalitas-Nya) di dalam hidup kita?

2 Korintus 3
18 Dan ... kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya ...

Yohanes 15
5 ... sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.

2 Korintus 4
7 ... bahwa kekuatan yang melimpah-limpah itu berasal dari Allah, bukan dari diri kami.

P – Menurut ayat-ayat ini, siapa yang Allah ingin kita andalkan untuk perubahan hidup kita? Apakah itu bergantung pada diri kita sendiri?

Kesimpulan: Ringkaslah apa yang dikatakan ayat-ayat ini tentang apa yang Allah ingin kita hasilkan dalam hidup ini dan bagaimana Ia akan melakukan itu

Anda bisa mencetak pelajaran # 4 ini sekarang.

Tatkala meninggalkan halaman ini, jawaban Anda tidak akan direkam.