Pelajaran # 3: Apa yang Tuhan ingin kita lakukan ketika kita berdosa?

Mulailah dengan doa: “Tuhan, berbicaralah kepadaku melalui Firman-Mu, melalui Alkitab. Berbicaralah dalam hatiku agar saya dapat memahami apa yang ingin Engkau katakan kepadaku. Amin."

Roma 3
23 Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah, 24 dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus. 25 Kristus Yesus telah ditentukan Allah menjadi jalan pendamaian karena iman, dalam darah-Nya. Hal ini dibuat-Nya untuk menunjukkan keadilan-Nya, karena Ia telah membiarkan dosa-dosa yang telah terjadi dahulu pada masa kesabaran-Nya.

P – Menurut ayat 23, siapa yang berdosa?

P – Namun ayat 24 mengatakan bahwa Allah menyatakan kita tidak bersalah, Mengapa?

P – Pada ayat 25 – Bagaimana caranya orang dibenarkan dihadapan Allah?

Efesus 1
7 Sebab di dalam Dia dan oleh darah-Nya kita beroleh penebusan, yaitu pengampunan dosa, menurut kekayaan kasih karunia-Nya,

P – Apakah kita diampuni karena kita berhenti berbuat dosa?

1 Yohanes 4
10 Inilah kasih itu: Bukan kita yang telah mengasihi Allah, tetapi Allah yang telah mengasihi kita dan yang telah mengutus Anak-Nya sebagai pendamaian bagi dosa-dosa kita.

P – Mengapa kita diampuni?

Roma 5
1 Sebab itu, kita yang dibenarkan karena iman, kita hidup dalam damai sejahtera dengan Allah oleh karena Tuhan kita, Yesus Kristus.

P – Mengapa kita harus berdamai dengan Allah?

Kita masih berdosa, dan Allah mengetahui akan hal ini

1 Yohanes 1
8 Jika kita berkata, bahwa kita tidak berdosa, maka kita menipu diri kita sendiri dan kebenaran tidak ada di dalam kita. 9 Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan. 10 Jika kita berkata, bahwa kita tidak ada berbuat dosa, maka kita membuat Dia menjadi pendusta dan firman-Nya tidak ada di dalam kita.

P – Apa yang Allah ingin kita lakukan dengan dosa-dosa kita?

P – Dua hal apa yang Allah akan lakukan ketika kita mengakui dosa-dosa kita kepada-Nya?

P – Bagaimana perasaank Allah ketika kita menyangkal atau menyepelekan dosa-dosa kita?

Ibrani 4
16 Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya.

Kesimpulan: Ringkaslah apa yang Allah ingin kita lakukan ketika kita berbuat dosa.

Anda bisa mencetak pelajaran # 3 ini sekarang.

Tatkala meninggalkan halaman ini, jawaban Anda tidak akan direkam.