Pelajaran #1: Bagaimana caranya agar kita memiliki relasi dengan Allah?

Mulailah dengan berdoa: “Tuhan, berbicaralah kepadaku melalui Firman-Mu, melalui Alkitab. Berbicaralah dalam hatiku agar aku memahami apa yang ingin Engkau katakan kepadaku. Amin.”

Pelajaran #1

Bagaimana caranya agar kita memiliki relasi dengan Allah?

Ayat-ayat berikut akan menolong Anda untuk memahami apa yang Allah katakan tentang relasi Anda dengan Dia. Setelah membacanya, pertanyaan yang diajukan akan menolong Anda untuk lebih memahami apa yang dimaksud ayat-ayat tersebut.

(Angka-angka kecil di depan setiap kalimat menunjukkan “nomor ayat” serta merupakan sistem penomoran yang diciptakan sejak dahulu kala demi menolong orang Kristen menemukan alamat ayat-ayat tertentu dalam Alkitab.)

Yohanes 1
12 Tetapi semua orang yang menerima-Nya [Yesus], diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya.

P – Bagaimana seseorang menjadi anak Allah?
Anda bisa mengetik jawaban Anda di sini dan mencetak pelajaran ini setelah Anda menyelesaikannya.

Mungkin Anda berpikir bahwa Andalah yang telah memilih untuk percaya kepada Yesus, sama seperti Anda memilih mobil yang akan dibeli atau memilih aliran politik tertentu. Namun, ayat-ayat berikut akan menunjukkan keterlibatan Allah untuk mengubah Anda menjadi seorang Kristen.

Yohanes 15
16 Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu…

1 Korintus 1
9 Allah, yang memanggil kamu kepada persekutuan dengan Anak-Nya Yesus Kristus, Tuhan kita, adalah setia.

Efesus 1
4 Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya. 5 Dalam kasih Ia telah menentukan kita dari semula oleh Yesus Kristus untuk menjadi anak-anak-Nya, sesuai dengan kerelaan kehendak-Nya.

P – Di ayat 5, apa motivasi Allah memilih kita?

Efesus 2
4 Tetapi Allah yang kaya dengan rahmat, oleh karena kasih-Nya yang besar, yang dilimpahkan-Nya kepada kita, 5 telah menghidupkan kita bersama-sama dengan Kristus, sekalipun kita telah mati oleh kesalahan-kesalahan kita –oleh kasih karunia kamu diselamatkan.

Kolose 1
13 Ia telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan dan memindahkan kita ke dalam kerajaan Anak-Nya yang kekasih; 14 di dalam Dia, kita memiliki penebusan kita, yaitu pengampunan dosa.

P – Menurut ayat-ayat di atas, empat hal apakah yang telah Allah lakukan bagi Anda?

Roma 5
9 Lebih-lebih, karena kita sekarang telah dibenarkan oleh darah-Nya, kita pasti akan diselamatkan dari murka Allah.

P – Alkitab berkata bahwa Yesus telah menyelamatkan kita, dari apakah Dia menyelamatkan kita?

Efesus 2
8 Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, 9 itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.

P – Apakah kita memperoleh keselamatan karena usaha kita?

P – Dapatkah kita memperoleh keselamatan dengan melakukan perbuatan-perbuatan baik?

Kesimpulan: Ringkaslah apa yang ayat-ayat ini katakan tentang keterlibatan Allah untuk mengubah Anda menjadi seorang Kristen:

Anda bisa mencetak pelajaran #1 ini sekarang.

Tatkala meninggalkan halaman ini, jawaban Anda tidak akan direkam.