Bagaimana Allah Berbicara kepada Kita Melalui Alkitab

Setiap firman Alah tanpa cacat; Dia adalah perisai bagi mereka yang berlindung pada-Nya. (Amsal 30: 5)

Saya kagum dengan bimbingan yang Tuhan berikan kepada kita. Dengan belajar dari kebijaksanaan dan wawasan Allah, kita dapat hidup bebas dari banyak masalah yang orang lain alami hanya karena mereka tidak tahu Firman-Nya. Melalui Alkitab kita belajar siapa Tuhan itu, apa yang Dia nilaii, bagaimana cara mempercayai-Nya.

Saya telah menemukan cara yang luar biasa untuk mendengarkan Allah melalui Alkitab, yang ingin saya bagikan kepada Anda.

Saya mengeluarkan Alkitab dan selembar kertas bergaris (atau jurnal bergaris kosong). Di bagian atas halaman saya, saya akan menuliskan dua atau tiga kalimat yang menggambarkan apa yang ada dalam pikiran saya. Saya mungkin memiliki pertanyaan tentang Tuhan, atau tentang bagaimana Dia memandang sesuatu, atau pertanyaan tentang kehidupan Kristen. Atau mungkin ada situasi dalam hidup saya yang mengganggu saya dan saya benar-benar bisa menggunakan wawasan Tuhan tentang itu. Di kertas saya, saya akan menulis beberapa kalimat untuk merangkum situasi saat ini atau apa yang menyebabkan pertanyaan saya.

Lalu saya mengajukan pertanyaan kepada Tuhan tentang hal itu, dan saya juga menuliskan pertanyaan itu di atas kertas saya.

Jadi yang saya tulis mungkin terlihat seperti ini:

“Ya Tuhan, aku merasa kewalahan dengan semua pekerjaan yang harus aku lakukan. Saya memiliki ini, ini dan ini untuk dilakukan; dan saya tidak yakin saya bisa menyelesaikan semuanya. Saya juga merasa marah karenanya. Apakah ada sesuatu dari sudut pandang Anda yang ingin Anda ketahui saat ini? "

Dan kemudian saya membuka bagian paling belakang dari Alkitab di mana biasanya ada daftar kata dalam indeks, dalam apa yang sering disebut "konkordansi." Apakah Alkitab Anda punya? Indeks ini akan mencantumkan kata-kata seperti: "bekerja," "marah," "khawatir," "kekuatan Tuhan," dll. Di bawah setiap kata Anda akan melihat daftar ayat-ayat Kitab Suci yang berisi kata itu. Kata "angry" misalnya mungkin menunjukkan daftar: Markus 3: 5; Markus 11: 14-16; Roma 2: 8; Matius 23; dll.

[Catatan tambahan: Kadang-kadang, alih-alih mencari di bagian belakang Alkitab saya, saya dapat mencari kata / topik secara online di Biblegateway. Saya cukup mengetik kata "angry" (misalnya) di kotak "Word Search" dan itu akan memberi saya daftar ayat. Jika saya mau, saya bisa membatasi pencarian saya ke Perjanjian Baru, Injil, dll.]

Apakah saya telah mencari ayat-ayat online atau di bagian belakang Alkitab saya, inilah yang saya lakukan selanjutnya. Saya mencari ayat-ayat dalam Alkitab dan membaca masing-masing. Jika sebuah ayat tampaknya berhubungan dengan pertanyaan saya, saya menuliskannya, kata demi kata, di atas kertas saya. (Ya, saya melakukan ini dengan tangan karena membantu saya memperhatikan apa yang dikatakan ayat itu.) Saya tidak menulis komentar apa pun tentang ayat itu. Saya hanya menulis ayat itu. Dan saya akan terus menyalin ayat, mungkin 5 ayat, mungkin 20 ayat. Setelah beberapa saat saya dapat melihat sebuah pola, sebuah pesan keseluruhan melalui ayat-ayat itu (saya tidak bermaksud secara mistis, maksud saya ringkasan yang berpengetahuan dari apa yang dikatakan ayat-ayat itu). Saya telah meminta Tuhan untuk mengajar saya, dan sekarang saya mengamati apa yang Dia katakan tentang topik ini.

Sebagai contoh, jika saya marah pada seseorang dan telah mencari banyak ayat tentang kemarahan atau pengampunan atau kedamaian, saya mungkin akan menemukan pesan keseluruhan yang konsisten dari Tuhan. Pesan itu mungkin karena Yesus membayar dosa saya dan Dia tidak menentang saya, saya juga perlu mengampuni orang ini, sama seperti Dia mengampuni saya.

Kadang-kadang Tuhan akan menyebabkan satu ayat benar-benar mengenai, di mana Dia benar- benar berbicara kepada saya dalam ayat itu. Ketika saya menemukan ayat-ayat yang sangat menarik saya akan sering "referensi silang" itu. Yang saya maksud adalah, saya akan menemukan ayat-ayat lain yang mungkin berbicara tentang ide yang sama. Dalam banyak Alkitab pelajaran, Anda akan menemukan daftar ayat di tengah halaman, atau di bagian bawah halaman. Ayat-ayat ini seperti catatan kaki atau referensi yang terkait dengan ayat-ayat di halaman itu. Jadi ketika satu ayat sangat menonjol bagi saya, saya akan mencari ayat-ayat terkait lainnya dan menulisnya juga.

Saya mungkin hanya menghabiskan 10-15 menit untuk hal ini, atau kadang-kadang saya menemukan waktu yang begitu memperkaya, saya mungkin menghabiskan satu setengah jam untuk itu!

Sekarang bagian ini penting. Saya meminta Tuhan untuk mengajar saya. Saya meminta Dia untuk membantu saya memahami perspektif-Nya tentang sesuatu, karena saya ingin mengikuti- Nya. Namun, ketika saya melakukan ini, saya TIDAK mencari ayat-ayat yang akan saya praktekkan sendiri untuk Tuhan. Ini bukan deskripsi pekerjaan yang akan saya ambil dan laksanakan UNTUK Tuhan. Saya kebanyakan berfokus pada membiarkan Tuhan berbicara kepada saya dengan cara apa pun yang Dia inginkan, untuk memenuhi tujuan apa pun yang Dia miliki. Saya meminta Dia untuk mengatur agenda-Nya, bukan agenda saya. Ketika saya tahu Dia ingin saya mengikuti sesuatu yang spesifik dalam Firman-Nya, maka saya meminta Dia untuk bekerja dalam hidup saya dan memberi saya kekuatan dan keinginan untuk melakukan kehendak-Nya. Ketika saya membaca sebuah perintah seperti, “Bersikaplah rendah hati dan lemah lembut; bersabarlah, saling menanggung cinta, "saya pikir," Ide bagus. Ya Tuhan, aku memintamu untuk bekerja dalam hidupku untuk membuatku rendah hati, lembut dan sabar dengan orang lain. Anda tahu itu bukan sifat saya untuk menjadi seperti itu dengan semua orang. Ajari aku bagaimana. " Dengan kata lain, saya terus percaya kepada-Nya, terus mengandalkan-Nya, meminta Allah untuk melakukan dalam hidup saya apa yang baru saja Ia katakan kepada saya.

Jika Anda tidak memiliki Alkitab pelajaran dengan "konkordansi" di belakang dan "referensi silang" di setiap halaman, Anda mungkin menemukan satu yang sangat berharga, sehingga Anda dapat mendekati Firman Tuhan dengan cara ini. Toko buku Kristen mana pun dapat membantu Anda memilih satu yang tidak terlalu mahal, atau Anda dapat menemukannya di Bibles.com.

Ini adalah cara yang sangat sederhana untuk meminta Tuhan mengajar Anda melalui Firman- Nya. Singkatnya, itu akan kepada Allah dengan hati terbuka, meminta Dia untuk berbicara kepada Anda tentang topik atau pertanyaan tertentu. Anda membagikan pikiran dan perasaan jujur Anda dengan Tuhan. Dan kemudian Anda meminta Tuhan untuk berbicara kepada Anda dari sudut pandang-Nya. Terkadang saya bertanya, “Ya Tuhan, apa yang Anda ingin saya ketahui tentang Anda, karena ini berkaitan dengan situasi ini? Bagaimana Anda ingin saya mempercayai Anda? Apa yang ingin Anda katakan kepada saya? " Dan kemudian Anda memberi waktu kepada Allah, saat Anda menuliskan Firman-Nya, ketika Anda mencari pesan keseluruhan-Nya kepada Anda. Ketika Dia mengajar Anda, maka berterima kasih kepada-Nya dan minta Dia untuk membangun itu dalam hidup Anda.